Friday, February 17, 2006

Nina dan Anak Ayam


Two days ago
Tumben2nya nyokab gue telpon gue dikantor. What now?
Nyokab : "An, itu anakmu tuh, pulang sekolah bawa-bawa ayam"
Gue : "Hee? Ayam? Ayam apaan, mam?" *Heran*
Nyokab : "Ayam kecil. Anak ayam. Ayam hidup"
Gue : "Kok bisa? Ayamnya siapa?" *Masih heran*
Nyokab : "Tanya sendiri sama anakmu aja deh" Nyokab lalu memanggilkan Nina. Suara kecilnya yang melengking sudah terdengar riang dilatar belakang.

Nina : "Hallo Mamiii...eh, aku bawa anak ayam loh mi, lucu!"
Gue : "Anak ayamnya siapa Nin? Kamu dapet dimana?"
Nina : "Aku beli disekolah"
Gue : "Ngapain kamu beli anak ayam? Harganya berapa? Emang disekolah ada yang jual ayam??" Huh. Dagangan yang aneh buat dijajakan disekolah.
Nina : "Aku pengen aja abis lucu, mami... harganya seribu. Tadi aku nggak jajan, soalnya aku pengen banget beli anak ayamnya" Nina gak jajan? Rela gak jajan demi anak ayam? Ajaib.
Gue : "Trus, ayamnya mo ditarok dimana? Makanannya apa?"
Nina : "Sama Yang Uti ditarok di box sepatu. Makannya kasih nasi aja."
Gue : "Emang kamu mo ngurusin??"
Nina : "Kan ada Yang Uti" Jawabnya ringan. Licik deh!

Pulangnya dari kantor seperti biasanya gue harus jemput Nina dulu dirumah nyokab. Ternyata sungguhan ada 2 ekor anak ayam. Satu ekor warna pink, dan satu ekor lagi warna ungu. Ih! Tega banget sih yang dagang ayam ini! Anak ayam dicelup pewarna?
Nyokab gue menggerutu, "Coba tuh anakmu disuruh pegang". Anak ayam itu gue letakkan ditelapak tangan lalu gue sodorkan ke Nina. Dia menjerit-jerit dan menghindar.
Nyokab : "Iya, gak berani megang ayam tapi pengen melihara ayam. Kalo anak ayamnya lepas dia cuma jerit2 naik ke kursi"
Gue : "Kok dia berani bawa pulang?"
Nyokab : "Bawanya pake kantong kertas"
*Ooooh... gue mangut2* Pantesaan
[Sekedar informasi, dirumah nyokab lagi ada dua orang uwak gue yang usianya lebih tua dari nyokab] Saat gue dan Nina balik kerumah (pulang), anak ayam itu tetap tinggal disitu. Hahahaa, sepertinya nenek2nya Nina itu bakalan bisa gak tidur mendengar anak ayam itu menciap-ciap sepanjang malam!

Yesterday afternoon
Nyokab gue telpon lagi kekantor.
Nyokab : "An, anakmu pulang bawa anak ayam lagi tuh, Dua!" *Gue yakin banget nyokab pasang wajah 'Rolling-eyes' seperti emoticons-nya Yahoo! Messenger*
Gue : ...... "speechless*
Nyokab : "Udah deh, mbok udah besok2 gak usah dikasih uang jajan segala"
Gue : ..... "sigh!* Mo ngomong apa lagi?
Pulang kantor sesampainya dirumah nyokab, gue lihat memang ayamnya nambah lagi 2 ekor. Dan dua2nya berwarna kuning.
Gue : "Kok dua2nya warna kuning sih, Nin? Emang gak ada warna laen?"*eh! Kenapa gue malah jadi ngarep liat ayamnya warni-warni?*
Nina : "Tinggal warna kuning, mi.." Dari seberang ruangan nyokab melototin gue. Bete- berharap gue inget buat wanti2in Nina supaya jangan sampai besok pulang bawa ayam lagi- bukannya malah ikutan antusias. Emangnya mo ternak ayam?
Pulangnya, seperti hari kemarin, ayam2 itu tetap tinggal disitu- Gue & Nina balik. Suami bahkan sampe ngakak denger cerita Nina dengan ayam2nya itu. Dia bilang, it's so Nina! She brings homework for the whole family member. Hahhaahha. Dia yang ingin pelihara, tapi malah orang lain yang jadi sibuk ngurusin.

Pagi ini
Abis nganter Nina sekolah gue gak langsung ngantor, gue mampir dulu ke rumah nyokab buat mengantarkan makanan. Sampai disana, salah seorang uwak gue bilang kalo ayamnya mati. Alamak! Salah satu dari yang berwarna kuning sudah tergeletak mati didalam box, si Ungu tengah tergeletak sekarat, si Pink sudah menghilang entah kemana (Nyokab gue menduga ayam itu dimakan tikus), jadi hanya tinggal satu yang berwarna kuning yang masih tampak sedikit sehat dipojokan box.
Nyokab : "Mami sengaja gak buang dulu biar anakmu liat sendiri", katanya.

Malamnya saat gue jemput Nina, si ayam Ungu sudah mati, rumah bau karbol dimana-mana, dan Nina gak maok ikut gue pulang. Dia ingin tidur dan berangkat sekolah dari situ. Gue sebetulnya seneng2 aja dia tidur disitu, nyokab pun senang Nina disitu, tapi nyokab gue kasih sarat : Ayam harap dibawa!
Bah! *Thanks banget ya nin, kali ini giliran mami yang harus ngurusin ayam!* Untungnya sekarang tinggal satu. So, gue pulang pake bajaj dengan kotak sepatu yang men-ciap2 ditangan kiri.

Imagine :
Disaat orang2 menghindari unggas2an, anak gue malah bawa2 ayam pulang!
Ngeri gak sih, kalo besok2 dia bawa pulang anak beruang? ^-^



--------- Klik disini untuk kelanjutannya  -------



2 comments:

Anonymous said...

beruang masih bisa di tolerir.
membanyangkan paling parah, si nina pulang pulang bawa.... co!

hehehhe

She Mei said...

Awww :( Kasian ayam2 itu...
Tante tau nggak kira2 ayam2 kecil itu diwarnain pake apa?