Monday, November 22, 2004

Naik becak

Sampe umurnya yang sekarang (6 tahun) Nina itu belom pernah liat becak kecuali liat gambar atau fotonya doang. Jadi, apalagi pernah naek becak? Uh, boro - boro. Kasian bener ya? Gue baru menyadarinya hari Kamis minggu lalu, masih dalam suasana lebaran dan masih liburan. Karena lagi nggak ada siapa2 dirumah (*I miss you, hon), kita berdua pergi ke rumah kakak sepupu gue yang rumahnya juauh buanged di Pamulang. Kalau tidak salah ingat, terakhir gue maen kesana itu sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu. Jadi ceritanya gue maok kasih surprise dengan tiba2 nongol disana.

Hebatnya Jakarta dimusim libur lebaran, kita bisa sampe disana cuma dalam waktu kurang dari 40 menit. Asoy nggak sih? Coba setiap hari jalanan di Jakarta seperti ini. Wah, nikmat betul!
Begitu taksi masuk kedalam kompleks perumahan tempat sepupu gue tinggal, Nina minta turun karena dia melihat banyak becak bergerombol didepan kompleks. "Mami, naik becak dong" Pintanya. Ya sudah, kita turun disitu lalu gue nawar becak. Pake kira2 aja, karena gue juga nggak tauk berapa harus bayar becak ke rumah sepupu gue yang masih jauh masuk kedalam kompleks. "Tiga ribu pak" Dengan yakinnya gue nyebut jumlah segitu. Ternyata si bapak setuju sambil langsung menunggingkan becaknya sedikit agar kita bisa naik dengan mudah. Nina melompat duduk paling dulu. Tampaknya dia senang sekali, terlebih saat becak mulai melaju lalu melintasi beberapa kali polisi tidur *Ih gak sopan banget tuh polisi tiduran dijalan*. Wah! Senang melihat tampangnya berseri-seri begitu. Gue sendiri agak2 trauma naik becak dijalan beraspal morat marit seperti ini. Kondisi jalanannya becek pula disana sini. Soalnya dulu sewaktu esempe gue pernah ngalamin nyungsep sama becak2nya! *Abangnya sampe mental gitu loh!* Jadinya gue ngeri aja kalo sampe ada kejadian lagi. Soalnya gue sadar betul kalo berat gue ditambah berat Nina itu tergolong ringan, yang artinya bisa membuat si bapak tergoda buat ngebut. Plis deh, jangan coba2 ya pak? 

Sampai dimuka rumah sepupu gue si bapak gue minta buat tunggu sebentar. Rumahnya keliatan sepi banget dari luar. Yah! Maok bikin kejutan ternyata gue sendiri yang terkejut. Jauh2 dateng kemari mendapati rumah mereka kosong dengan pintu pagar di gembok. Akhirnya gue telpon sepupu gue itu, ia bilang mereka sedang berada di Kebayoran Baru. 
*Huuaah,.. yang disana kemari, yang disini kesana!*

Nina terlihat semakin girang, nggak peduli tantenya ada atau tidak, "Balik lagi nih, mi? Naek becak lagi ya?" Ia masih duduk nangkring diatas becak.
"Ya sudah pak, balik lagi sampe depan jadi pas lima ribu ya?" Kata gue ke si bapak. Lagi2 si bapak setuju saja. So, balik lagilah kita kedepan kompleks. Gajrut2 lagi diatas becak sambil berpegangan kenceng2. Ngeri terlempar keluar. Jalanannya terlihat kering tapi lobang2nya becek. Sungguh merupakan penampung air dan lumpur yang baik. Baru saja gue selesai berpikir demikian, sebuah mobil melaju cepat disamping becak dan, "Croottt!!" Rasanya dingin di pipi. Sia**n!! Dasar orang gak sopan sedunia! Gue sibuk menyumpah serapah sementar Nina, yang walaupun ikut kecipratan malah ter- pingkal2 geli. Great! Memang lucu sih, tapi tidak selucu yang kamu pikir, Nina! Ini konyol! Beredar dijalanan dengan pakaian terciprat air lumpur yang coklat. Memang tidak betul2 banyak, tapi jelas2 kelihatan kotor. Beuh! Belum juga sampai didepan komplek- tukang becak dan penumpangnya terlihat sama2 kotor. Masalah masih ditambah dengan susahnya mencari taksi di daerah itu *yang banyak cuma ojek sama angkooot, melulu!*.

Setelah 15 menit berdiri putus asa menunggu taksi didepan kompleks dengan pakaian kotor seperti ini, akhirnya gue putuskan buat 'cuek beibeh'  naik angkot yang menuju lebak bulus dengan tatapan mata orang2 seangkot mempertanyakan pakaian kita yang kotor seolah menuduh : "Ini ibu sama anak abis ngapain sih? Gulat di lumpur?". Bzziggh!! 

Baru setelah menjelang terminal gue bisa menemukan taksi kosong.
"Naek becak enak ya, mami? Seru! Besok2 Nina mauk lagi ya?" Katanya.

**Gak Janji, ya?**


No comments: