Friday, September 01, 2006

Koleksi yang Ajaib


Photo : DetikHotKita tahu bahwa umumnya orang mengkoleksi benda dikarenakan ketertarikan mereka terhadap suatu jenis benda lalu ter-obsesi dengan benda tersebut dan mulai mengumpulkan benda yang sejenis. Umumnya sih begitu, walaupun ada juga yang mengkoleksi sesuatu karena trend pada saat itu. Benda2 itu ada yang murah, ada yang mahal, ada yang mudah dicari, ada yang langka, ada yang berguna, ada yang gak berguna dan sebagainya. Jaman2 dulu gue paling sering mendengar orang mengkoleksi perangko. Iya gak sih? Jaman gue esde, gue mengkoleksi kertas surat. Maklum, waktu itu koleksi kertas surat lucu2 dan imut memang lagi trend dikalangan anak sekolah. So, gue ikutan teman2 mengkoleksi kertas surat juga doooong.

Jaman sekarang beda- gak hanya perangko, apapun bisa dijadikan koleksi *Hmm, I wonder if there are young people who still collecting stamps thesedays* Kakak gue punya satu aquarium penuh terisi aneka macam korek api dari berbagai tempat di dalam dan luar negeri. Sepupu gue punya satu laci penuh uang kertas & koin2 lama. Ada teman yang punya satu lemari kaca penuh parfum beraneka aroma & bentuk. Kalo Elton John mengkoleksi kacamata nyentrik dan mahal, David beckham punya koleksi mobil2 mahal. Huuuaa... nikmatnya jadi billioner. Tapi gue- gue sendiri terobsesi akan satu hal gak penting hingga akhirnya gue sampai punya ratusan koleksinya [sudah tentu koleksi yang tidak membanggakan]. Ah, tapi saat ini gue tidak sedang membicarakan koleksi gue yang sudah jelas2 itu, tapi soal koleksi dibawah sadar gue. Apa ya?

Minggu lalu seharian gue beres2 rumah terutama kamar. Lebih tepatnya gue membereskan segala tumpukan koran dan majalah, buku2, dan tumpukan kertas2 dimeja sana sini. Aduh, debunya bo! Tapi kalo gak gue beresin akan makin banyak aja debu yang menumpuk.
Hingga akhirnya setelah beberapa saat membereskan tumpukan itu, gue baru notice kalo gue selalu menemukan benda itu ber-lembar2 ada itu dimana-mana. Banyak bo! Mungkin ini yang dinamakan koleksi dibawah sadar, hehhehhee. Tapi yang gue maksud ini bukan majalah atau koran atau buku2. Bukan sama sekali! Setelah semua benda itu gue kumpulkan jadi satu, hasilnya ada satu kantong plastik kresek besar!

Oke, sejak saat beres2 itu gue baru nyadar kalo gue itu ternyata diam2 adalah "banci brochure", Food Brochure. Semuanya mengenai makanan! Hiiyahahhhaaa, gue mengkoleksi setumpukan brochure-leaflet-flyer, atau apalah itu namanya, yang dikeluarkan oleh resto- cafe- atau bakery yang isinya tentu saja umumnya mengenai menu mereka, harga yang ditawarkan dan lokasi mereka lengkap dengan photo2 hidangan mereka yang bikin lidah gue ngeces2. Bayangin, satu kantok plastik kresek besar! Penting gak sih? *sigh*. Dari brochure yang 2 tahun lalu sampai brochure yang terbaru, dari resto yang sering gue kunjungi sampe yang belum pernah gue kunjungi, termasuk brochure yang harganya sudah pasti kadaluwarsa. Hahhhaa, mengharukan... konyol banget!

Gue jadi penasaran pengen tauk apa aja sih koleksi kalian?
Ada yang brochure-freak juga gak? *ngakak sendirian*

2 comments:

snydez said...

saya koleksi kunci, apa aja.. dari kunci pintu, gembok, lemari
tapi udah sekian taun gak pernah ditambahin lagi.. :(

deenda said...

dirikuh koleksi korek api yg batang kayu, trus perangko (dari SD nih), stip aliyas penghapus tp smuana skrg gk tau pada kemana :)) dicuekin begitu sajah :D