Friday, November 28, 2014

Ditahan Polisi!


Sekitar jam 7 malam seperti biasanya saya di rumah masih ngerjain ini ngerjain itu. Kita baru aja selesai makan malam tanpa si anak gadis, Nina, yang tadi siang bilangnya pulang sekolah mau main dulu sama Alexa temannya. Bilangnya mau balik jam 6 sore, tapi mana anaknya?? Sementara suami tumben udah dirumah dari tadi sore.
Baru saja saya duduk manis telepon saya bunyi. It was Nina.

Saya : Heeehh .. Bilang mau balik jam 6 sampe jam 7 lewat gini belum nyampe rumah!
Nina : Mami, aku di kantor polisi!
Saya : What??! *Nyaris keselek lidah sendiri*
Nina : Aku sama Alexa lagi di kantor polisi, mami!
Saya diam, kaget, ambil napas, mungkin saya salah denger.
Nina : Alexa ketauan ngambil parfum di DS (A Shop) jadi sekarang kita di kantor polisi.
Saya ambil napas lagi sambil melirik suami. Shock! Ini hal yang tidak pernah saya bayangkan bakal terjadi pada anak gadis saya.
Saya : Trus kamu ngapain dikantor polisi? Kamu nyolong jugaa??? Agaknya kepala saya mulai berasap.
Nina : Beneran mami, aku gak nyolong! Itu Alexa! Aku disini buat dimintai keterangan, ikut ditanya2, karena aku kan temannya dan aku juga disitu saksi .. Aku laper nih mami, udah 1 jam disini. Aku belum makan!
Saya : Ini di kantor polisi mana?
Nina : Gak tauk dijalan apa, tapi ini didekat Vondelpark.
Saya : Trus kenapa udah dari tadi tapi baru telpon sekaraaaaangg?? Kamu ditahan didalam sel? *Hhhh, bikin histeris aja ngebayangin dia ditahan didalam sel bersama para begundal dan pemabuk*
Nina : Aku baru bisa telpon sekarang! Kita ditarok diruang interogasi terpisah, bukan sel, disuruh tunggu lamaaaa banget .. Mereka lama banget tanya2 Alexa, abis itu polisinya dateng tanya2 aku.
Saya : Malu2in aja sih sampe dibawa ke kantor polisi! Trus mami disuruh ngapain sekarang??

Saya udah beneran naek darah. Suami datang ambil alih telpon, gilirannya bicara dengan Nina. Saya udah jengkel campur panik. Parno. Nggak kebayang dia bisa2nya nyangkut di kantor polisi. Dulu saya juga badung. Asli badung. Tapi gak pernaaaaah urusan sama polisi! Paling2 sama guru dan dosen! Saya jadi nginget2 si Alexa. Kelihatannya dia pun bukan anak bandel. Kenapa dia berani nyolong?? Haduh terus ini urusannya gimana?

Akhirnya suami selesai bicara dengan Nina ditelepon.
Suami : Saya kesana sekarang, jemput Nina.
Saya : Anak itu bilang apa?
Suami : Udahlah saya kesana dulu. Nanti aja ceritanya.
Saya : Tapi memang dia gak nyolong kan?
Suami : Nina bilang dia dianggap terlibat karena dia teman Alexa dan karena dia tahu Alexa mencuri tapi dia membiarkan. Saya kesana sekarang.

Oooohhh, senewennya dirikuuuh. Anak gadis ditahan dikantor polisi! Di kantor polisi di Amsterdam pula! Kebayang polisinya gede2 semua. Brrr .. Malunya itu loh! Saya membayangkan polisi bikin photo profil dia buat record polisi blablabla, dsb. Hhhiiiss, soalnya jadi keinget jaman esempe. Waktu itu saya berteman akrab dengan Effi dan kita sering ngelayap kesana kemari termasuk jajan di supermarket (Maap deh, jaman dulu belom banyak pilihan tempat ngelayap, belom bisa nyetir, gak maok juga ngabisin duit buat ongkos naik bus jauh2). Suatu ketika saat kita sedang disebuah supermarket besar saya liat dia digiring sekuriti ke ruang sekuriti dan tentunya itu berarti dia bikin masalah. Memang bukan di kantor polisi, tapi itu pun sudah cukup membuat saya deg2an nunggu dia diluar sekuriti karena saya kan masih lima belas taun! Saya lihat dari jendela kaca diruang itu dia di photo polaroid yang hasilnya langsung dipasang di softboard diruangan itu diantara banyak photo2 closeup orang lain. Alamak! Udahannya saya baru tahu kalau dia ngembat 2 batang coklat merek yang pada masa itu populer dan agak mahal. Effi bilang karena dia dibawah umur dan barangnya pun hanya coklat dia cuma didenda bayar 3x lipat harga coklat itu. Ampun deeeeh ini anak padahal duitnya buat bayar denda aja masih sisa lebih banyak dari duit yg ada dikantong saya saat itu! Hhhhh ...

Iya tapi ini sekarang masalahnya si Nina yang dikantor polisi. Doh! Udah hampir jam 9 malem belom ada kabar juga! Anak dan bapak ditelpon nggak ada yang angkat. Gimana ini? Saya bahkan hampir lupa nyuruh yang kecil gosok gigi dan pergi tidur. Tapi gak berapa lama kemudian suami telpon.

Saya : Kok lama banget sih? Nina gak ditahan kan??
Suami : Ada yang kelupaan. Si Nina ini gak bawa ID kaart, jadi saya harus pulang lagi. Kamu tolong deh cariin ID kaart Nina dikamarnya.
Saya : Hah? Kenapa gak dari awal bilang suruh bawa? Gimana sih Nina ...
Suami : Bukan si Nina yang salah. Polisinya baru nanyain sekarang nih. Aku juga dari tadi nunggu lama diruang tunggu.
Saya : Goblok banget itu polisi. Ngerjain banget! Harusnya dari awal mereka telpon kita bukan nahan anaknya duluan. Pake lupa nanyain ID segala! Bikin orang bolak balik. Trus mau sampe situ lagi jam berapa kalo kamu mesti balik lagi kemari ambil ID kaart??  [Saya sewot. Asli. Polisi kok gak profesional! Anggota baru ya?]
Suami : Ya udah cari dulu ID nya, siapin aja.
Saya : Nina gimana?
Suami : Nanti aja ceritanya.

Belum 5 menit suami telpon lagi.
Suami : An, tadi aku telpon Angelo minta tolong dia ambil IDkaart Nina. Sebentar lagi dia sampe situ.
Nah, bagus juga idenya. Angelo itu anak teman suami yang tinggalnya gak jauh dari rumah kita. Usianya sekitar 20 tahun. Dan benar kata suami, gak berapa lama kemudian dia datang dengan broomer (motor)nya. *Haduh makasih banget ya Angeloo* Dan saya kembali deg2an menunggu kabar dari mereka.

Jam setengah 12 lewat sedikit suami dan Nina akhirnya sampe rumah. Angelo ngikut! Yaelaah, udah siap2 mo ngomelin Nina jadi mesti agak ditahan dong nih. Jaim.
Saya : Loh? Kamu daritadi memangnya ikut nunggu disana?
Angelo : Iya enggak apa2 saya mau kok nungguin, siapa tahu saya diperlukan lagi. *Haiyaaah, pasti sebenernya dia penasaran ada apa gerangan*
Saya ngomel ke Nina : Tuh! Untung papi ada dirumah dan ini hari Jumat. Coba kalo papi tadi gak dirumah- mami biarin kamu semaleman di kantor polisi! Si Alexa gimana tadi? Dia masih disana apa udah boleh pulang?
Nina : Iya dia nangis2 sampe mukanya bengkak! Tadi mamanya datang gak lama sebelum papa datang. Dia keluar lebih dulu, gak lama kemudian aku. [Nina langsung nyelonong masuk kamarnya. Ih, katanya dia belum makan!]
Saya : Heh, mau kemana? katanya kamu laper belum makan.
Nina :  Udah lewat. Aku capek mami, mau tidur aja, tadi papa udah bawain roti.
Saya tanya suami : Trus kena boete (denda) gak? Di photo gak?
Suami : Ya enggak lah, dia kan masih dibawah umur. Senin besok pulang sekolah Nina dan temannya mesti ke blablabla (saya lupa itu nama instansinya apa ya?- untuk diberikan semacam advies dan hukuman kerja sosial buat anak dibawah umur yg melakukan pelanggaran) sebanyak 3 kali. Nanti jadwalnya dikirim.
Saya : Lho kenapa Nina ikut dihukum? Katanya dia cuma sebagai saksi?
Suami pasang muka rolling eyes : Itu kata dia ke kamu. Memang dia tidak mencuri. Tapi kepada polisi akhirnya dia ngaku kalo dia nolong temannya buat mengawasi sekitarnya. Jadi termasuk kaki tangan pelaku. Oh, tidaaak ..
Saya : Kalo dia sampai masuk di record polisi berati dia blacklist! Ya ampun, gimana dia besok2 bisa dapet sekolah dan kerja yang bagus kalo dia udah blacklist?? Mikir gak sih si Nina ini? [Saya jadi makin senewen dan mikirnya jadi makin jauh.]
Suami : Nggak sampai masuk blacklist dong dia kan masih dibawah umur makanya hanya diminta untuk datang buat advies dan melakukan kerja sosial sebagai hukuman. Tapi mungkin ini jadi masalah yang beda kalo Nina udah diatas 18 tahun.
Saya : Kerja sosialnya disuruh ngapain?
Suami : Ya nggak tauk .. Kita denger aja dari si Nina Senin besok.
Saya : Tapi kalo beneran tercatat di polisi berarti masuk ke system dong. Bener ini gak pengaruh ke record Nina? [Saya masih parno.]
Angelo yang menjawab : Ya enggak lah, relax, teenage banyak kok yang pernah ditahan polisi karena melakukan pelanggaran bukan cuma Nina.
Saya : Emang kamu pernah?
Angelo : Enggak .. *plaak!* [Please, deh]

Uh, capek! Malam yang panjaaaang ...
Buntut2nya inget liat jam ternyata udah jam setengah 1 pagi! Ah tauk deh, gelap! Segelap jam setengah 1 pagi ini. Saya masuk kamar, membiarkan suami dan Angelo melanjutkan ngobrol. Tidur ah. Saya capek, ngantuk, dan pusing kepala.

I will deal with you tomorrow, Nina!


No comments: