Monday, June 27, 2005

Anak KOst


Gue setahun ini memang anak kost. Tapinya masih ada saja teman atau kenalan gue yang heran kalo tauk gue tinggal ditempat kost. *Kenapa juga udah punya anak tinggal di kos2an?* Kesannya menyedihkan ya? Orang2 biasanya punya asumsi bahwa perempuan yang sudah memiliki anak sudah pasti berkeluarga dan sudah pasti mereka tinggal disebuah rumah. Entah rumahnya sendiri, entah dirumah ortu atau mertua, entah itu rumah kontrakan. Yang jelas bukan di sebuah kamar kost. Iya kan? Secara konvensional memang begitu. Kadang gue sendiri merasa janggal dengan gambaran diri gue sendiri : Perempuan yang hidup sendiri, yang bawa2 anaknya tinggal di kos2an *Berasa janda* Padahal siapa yang janda?

But I am is what I am. Dan hidup itu penuh pilihan. Semua hal yang gue jalani- susah atau senang, normal atau aneh dimata orang, memang sudah pilihan gue. Bukan karena keterpaksaan dan semuanya sudah gue pertimbangkan. Sebetulnya gue bisa saja tinggal dirumah ortu yang sebenarnya sih dekat banget dengan tempat gue kost. Tapi sejak gue lulus SMA lalu kuliah- gue sudah nggak pernah lagi tinggal dirumah ortu, karenanya meskipun gue sudah balik ke Jakarta, gue jadi terbiasa hidup sendiri.
Terus terang gue orang yang gak bisa tinggal satu atap dengan nyokab terlalu lama, namun gue juga gak bisa jauh2 dari dia. Soal gue punya rumah apa enggak toh orang laon gak perlu tauk. Alhamdulillaah, biarpun kecil gue punya, tapi jauh maaak… di Bogor. Gue ini pemalas kelas berat, nggak suka repot, dan suka yang praktis2. Raymond balik ke Jakarta tiap 4 – 5 bulan sekali, ini gak masalah, dan gue gak berminat ikut dia lalu pindah dari Jakarta. Mengontrak rumah- even paviliun kecil, masih terlalu besar buat kita berdua yang jarang dirumah. Mahal pula! *Gak punya duit* Jadi, satu2nya pilihan praktis buat gue ya cuma kost. Memang sih nggak bisa bawa2 segala perabotan gue, tapi toh Nina dan Raymond tidak berkeberatan. Jadi kalo ini bukan masalah buat kita, bukan masalah juga buat orang lain kan? (tapi sih, ada kemungkinan bisa jadi masalah ibu kost, kalo2 gue sempet telat bayar kos).

Post a Comment