Tuesday, May 05, 2009

Makan, Masak, dan Jajanan


Gue malas banget sama yang namanya masak. Bukannya gue ga bisa masak, gue hanya kurang suka (tapi kalo makannya- gue sukaaa). Referensi masakan yang gue kuasai cuma sedikit dan gue juga banyak nggak tauk nama macam2 masakan, ya karena itu tadi- gue biasanya cuma tinggal makan. Tapi jangan salah, biarpun begitu sekalinya gue masak umumnya pasti rasanya enak! Ini beneeeeerr.... hhehhehhe.... secara gue suka makanan enak, saat memasak lidah gue jadi bisa merasakan pas atau tidaknya rasa masakan yang sedang gue masak. Buktinya suami dan anak gue gak pernah komplen kok, hhhehee. Gue masakin apapun ga pernah nolak. Tapi yang jelas memasak itu bukan kegiatan favorit yang mudah gue lakukan sehari-hari. Memasak itu buat gue ribet!

Saat masih di Jakarta sepertinya asik2 aja. Gue nggak pernah merasa perlu masak buat bikin perut kenyang. Umumnya gue masak 'beneran' cuma kalo lagi dateng 'mood' nya aja (tapi kalo cuma bikin mie instan sama telor ceplok doang sih sering bangeeet). Gue pun nggak punya kebiasaan sarapan, jadi makan siang atau makan malam biasanya jajan aja. Secara makanan di Jakarta juga banyak pilihannya kan? Tergantung budget dan niatnya aja. Bisa ke Pizza Hut, Tomodachi, McD, Resto Padang, dsb. Kalo duit pas2an bisa ke warteg ato kalo males keluar rumah bisa nunggu tukang yang lewat. Gampang deh, bisa diatur.
Urusan jajan disini beda secara hampir segala hal disini itu mahal. Yang gue maksud jajan disini adalah makan di restauran ya. Ini bukan masalah perbandingan nilai tukar mata uang euro dengan rupiah. Ibaratnya disini makan di restoran yang paling biasa- bahkan di restoran Indonesia nya sekalipun - sama dengan makan di restoran Sari Ratu yang buat ukuran di Jakarta lumayan mahal. Nggak bisa tiap hari deh. Gue sih terus terang aja kalo di Jakarta harus makan ke Sari Ratu tiap hari juga ga kuat kantongnya. Nggak worthed, ketauan mendingan masak sendiri. Nah, kalo ke warteg dua kali sehari setiap hari (skip breakfast ya, ... gue sekeluarga ga biasa sarapan) gue masih mampu banget. Tapi kan ga mungkin juga tiap2 makan ke warteg terus? Bosen! Tapi toh masih ada option lain. Masakan tenda di Jakarta juga banyak atau abang2 yang jualan keliling. Praktis betul ya hidup di Jakarta ...
*doooohh... kangen banget nih sama abang mie ayam, bubur & batagor!*

Kita orang Indonesia terbiasa 'makan besar' sehari 3 kali sementara orang2 disini hanya 'makan besar' saat makan malam. Duh, untuk urusan makan ini gue tetap terbiasa dengan makan siang dan makan malam pake nasi. Sandwich atau patat doang mah kuraaang, nggak nendang! McDonald disini sebenarnya juga ga mahal2 amat, tapi masa iya mo makan burger & ayam goreng terus tiap hari? Lama2 gue bisa berkokok dong. Mereka pun nggak jual nasi. Nggak asik kan? Sebetulnya bukan cuma karena alasan mahalnya saja tapi hawa disini kadang bikin gue keluar rumah rasanya maleeeess, banget! *ngarep ada tukang makanan keliling*

Dan dengan segala kenyataan itu, gue suka atau gak suka, ternyata akhirnya membuat si pemalas ini mulai bergiat-giat di dapur. Resep2 gampang gue cari di internet. Dulu awal2nya masalah bumbu2 disini cukup ngejelimet juga. Secara nama beberapa bumbu & bentuk rupanya dalam bahasa Indonesia pun kadang gue gak tau. Kalaupun gue tau kadang gue gak tau bahasa Inggrisnya apaan (dalam bayangan gue biasanya dimana-mana apapun lebih mudah dicari kalo tau bahasa inggrisnya, bahasa universal). Ternyata referensi perbumbuan gue dalam bahasa inggris lebih bodo lagi! *Payah* Kalau bawang2an dan sayuran itu hal mudah, ga perlu tau namanya yang penting kan gue tau bentuknya. Jadinya gue eksplore aja sendiri ke toko asia, jam2an memandangi bumbu2 di etalase. Wuuiiih .... gak taunya banyak juga nama bumbu2 yang gak berubah namanya. Seperti kemiri, koenyit (ditulis dengan ejaan lama), dan laos. Ketumbar namanya hampir serupa dengan dalam bahasa inggrisnya, koriander. Selebihnya cukup banyak bumbu yang namanya sama dengan dalam bahasa inggrisnya. Lalu ada satu bumbu lagi dalam bentuk bubuk yang namanya nootmuskaat. Apaan ini ya? Dan sesampainya dirumah dari baunya gue tau kalau ini ternyata bubuk pala. Hahahhaa, bahasa inggrisnya bubuk pala apa ya?

No comments: