Monday, March 14, 2005

buku menarik


Awalnya gue nggak terlalu berminat buat beli buku yang satu ini. Tebalnya bukan main! Lebih mirip kamus atau ensiklopedia ketimbang umumnya novel. Meskipun gue ini pembaca dan pengumpul buku terutama novel, awalnya, baru melihat bukunya pun gue sudah merasa pening. Tapi rasa ingin tahu gue lebih besar dari keraguan gue buat membacanya. Ada 2 judul : The Da Vinci Code dan Angels And Demons. And so, sebagai awalnya, I bought the first one.Pakar simbologi Harvard, Robert Langdon, menerima telepon tengah malam yang penting. Seorang Kurator Senior di museum Louvre terbunuh, dan pesan2 rahasia yang mengherankan ditemukan dekat tubuhnya. Ketika Langdon dan seorang kriptolog berbakat Prancis, Sophie Neuve, mengupas lapis demi lapis teka teki aneh itu, mereka terpana menemukan serangkaian petunjuk tersembunyi dibalik karya2 terkenal Leonardo Da Vinci. Petunjuk yang tampak agar dilihat semua orang, tapi sengaja disamarkan dengan jenius oleh sang pelukis.
Situasi jadi semakin menegangkan ketika Langdon menemukan sebuah kaitan mengejutkan : Mendiang Kurator itu terlibat dalam Biarawan Sion - sebuah kelompok persaudaraan rahasia yang nyata. Langdon curiga bahwa sebenarnya ia terkait dengan perburuan untuk memecahkan misteri besar. Misteri yang telah disembunyikan ber-abad2.


Buku ini betul2 menarik. Outstanding! Jalan ceritanya mungkin fiktif, tapi latar belakang sejarah rumit (menyangkut sebuah agama) yang mendasari cerita ini memang betul2 didasari bukti2 sejarah yang ada dan yang tidak semua orang awam ketahui. Gue belum pernah (merasa perlu) membaca sebuah cerita diselingi dengan mencari tahu istilah2, nama2, gambar2, atau dokumen2 yang disebutkan dicerita itu di internet. Semuanya ternyata memang betul2 ada. Gue bahkan jadi lebih tertarik buat mengenal Leonardo Da Vinci dan kejeniusannya dibanding sebelumnya, yang lebih banyak gue kenal sebagai seorang pelukis dan penemu.

Ada satu kalimat mengesankan gue pribadi dibuku ini mengenai sejarah, bahwa 'Sejarah diciptakan oleh pemenang. Ketika dua budaya berseteru, yang kalah dimusnahkan, dan pemenang menulis buku2 sejarah (versi mereka) - buku2 yang mengagungkan alasan2 mereka sendiri, dan menghina musuh yang kalah. Sejarah selalu merupakan cerita satu sisi' Disadari atau tidak, kenyataannya selalu ada sejarah yang sengaja dirubah dan dihilangkan *di Indonesia pun ada. tauk kan?* Dan sejarah memang selalu menarik buat ditelusuri.

Rasanya gue harus beli buku kedua (lain cerita) karangan penulis yang sama : Angels And Demons. Dan tanpa maksud apapun, buat yang hobby baca, gue betul2 merekomendasikan buku ini buat dibaca. Si penulis, Dan Brown, memang bener2 jagoan, tidak hanya karena keahliannya membuat cerita, tapi juga dengan referensi pengetahuan sejarahnya yang istimewa.

Baca kutipan ceritanya disini

No comments: