Sunday, March 06, 2005

Berat Badan & Warna Kulit


Hari ini gue janjian ketemu Yunita disebuah mall. Udah lamaaa banget gue nggak ketemu dia. Terakhir ketemu dia di Bandung 2 tahun lalu. Dari jauh gue udah liat dia duduk sendirian ditempat kita janjian ketemu. Hmm, gue yakin banget kalimat pertama yang bakal dia ucapin pastilah sama basinya seperti biasanya kalo orang2 udah lama nggak ketemu gue, "Aduh, An! Loe kok makin kurus aja?". Walau kenyataannya dari dulu sampai hari gini berat badan gue gak pernah nambah dan gak pernah kurang, tapi selalu saja mereka menganggap gue makin kurus. Bahkan ada temen gue yang meyakini gue sebagai 'pemakai' (Iyaa, gue masih pake nasi kok kalo makan). Sudah gila apa?
Semakin gue mendekat, akhirnya dia melihat gue dateng lalu dia ketawa2 sendiri. Sambil cium pipi kiri kanan khas perempuan dia ngomong, "Gile! Loe kenapa jadi makin item gitu sih?" Whats?? Haiyaah, teruus, teriak aja deh yang kenceng biar orang se-mall denger semua Yun. Prediksi gue salah. Biasanya orang mengomentari soal kekurusan gue, baru kali ini ada yang ngomentari soal warna kulit. Gue jadi diem ditempat, mikir sendiri.
"Loh, kan gue emang nggak pernah putih?" Jawab gue.
"Kagak! Dulu2 loe nggak gini. Biasanya loe coklat muda"
"Tapi ini kan juga coklat" Gue jadi bingung.
"Kagak! Loe sekarang keliatannya lebih gosong! Bejemur digenteng loe?"
Gue ketawa, "Bodo amat ah! Mauk item, ungu, kuning, ijo, biru, gue gak masalah. Tapi gue tetep cakep kan Yun? Apa kabar loe?" Dan selanjutnya kita udah sibuk bagi cerita.
Ditengah-tengah ngobrol, karena penasaran gue bilang, "Kok aneh ya, kenapa loe jadi ngomentarin soal gue jadi item. Biasanya anak2 yang ketemu gue bilangnya gue makin kurus" Dia ngeliatin gue sambil ketawa, "Ah! Elo kan emang dari dulu kurus gitu2 aja nggak ada bedanya. Apa anehnya?"
Gue menepuk meja, girang, "Tuh! Bener kan? Gue juga udah tauk Yun, kalo gue nggak bisa makin gemuk, tapi gue pun nggak makin kurus kan?" Horee! Gue bahagia karena akhirnya ada juga yang bisa melihat bahwa gue nggak makin kurus. Dia ngangkat alis sambil ngangguk2. Mungkin dia pikir gue beneran sudah gila. "Nggak usah histeris gitu" Katanya. Tapi jelas gue bahagia dong, biar gue nggak pernah bisa gemuk, setidaknya gue nggak makin kurus! Asiik!
Belakangan gue tauk kenapa si Yunita malah mengamati soal warna kulit gue. Dari pintu masuk mall ke parkiran luar cuma sekitar 100 meter dia udah sibuk rogoh2 isi tasnya buat cari payung.
"Ngapain sih loe deket gitu pake repot payungan segala? Takut item kayak gue?" Gue menggerutu liat adegan dia sibuk buka payung.
Dia ketawa, "Iya. Panas gini loh"
"Yun, elo tuh Cina Yuuuun,.... loe gak bakalan item!" Gue jadi ikut ketawa.
"Sapa bilang?"
"Paling2 kalo elo panas2an elo cuma jadi agak merah dikit. Nanti2nya juga balik lagi ke warna asli loe. Dont worry, kenapa?"
Dia nyengir, "Enggak ah, gak maok ambil resiko"
Parno banget ya? Takut jadi item. Udah jelas2 dia keturunan Cina. Sumpah, gue belom pernah liat ada orang Cina jadi item cuma gara2 sering berada diluar tanpa payung. Jangankan Cina, orang dengan etnis lain yang berkulit putihpun nggak bakalan berubah drastis jadi hitam, kecuali mungkin kalo mereka berjemur 30 x 24 jam. Tapi siapa juga orang yang kurang kerjaan?
Mengenai warna kulit gue yang menurutnya makin gelap, itu karena warna asli gue memang coklat. Dan sepertinya memang cuma jenis kulit warna coklat yang bisa berubah menjadi semakin gelap *Mengingat kulit gue begitu gampang meresap sinar matahari, lebih2 jika berada terlalu lama diruangan ber-AC*. Duh! Sengsara.
Ah, tapi seperti yang tadi gue bilang, gue nggak terlalu peduli. It is just another unimportant thing for me. Tapi kalo dibilang ceking, baru gue peduli. Karena, hhmm, karenaa.... gue sebel dibilang cekiiiiing! Basi

No comments: