Thursday, October 21, 2004

Ramadhan & berpuasa

Bulan ramadhan memang merupakan bulan yang paling berbeda dibandingkan bulan2 lainnya. Bener lho! Biarpun gak pernah gue tunggu2, tapi gue selalu saja merasakan kesenangan yang berbeda setiap kali ramadhan datang. Puasa- ataupun tidak puasa. Lebih2 waktu gue masih anak ingusan. Ikutan shalat taraweh [walau sebenernya cenderung ngincer buat maen2nya doang sama teman2 yang laen] dan setelahnya disambung main petasan *Biar perempuan dulu gue hobi maen petasan*. Aura suasana yang tercipta setiap kali ramadhan memang terasa jelas berbeda dengan suasana hari2 biasanya. Terutama menjelang saat berbuka puasa.

Dulu2 tea, jaman2 baru mulai kerja, gue beranggapan datangnya bulan puasa bisa membuat pengeluaran gue sedikit lebih irit. Logikanya, karena dengan berpuasa kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang atau beli2 cemilan gak penting lainnya. Kenyataannya, gue salah besar! Justru dibulan puasa pengeluaran gue jadi semakin besar. Selain buat beramal, saat buka puasa pengennya makan segala macem. Belum lagi seringnya malah buka puasa bersama keluarga dan teman2 diluar [resto]. Payah! Dan ini pun belum terhitung pengeluaran buat beli2 keperluan lainnya untuk menyambut Lebaran. Hehehhee... Sekarang baru terpikir kalo bulan ramadhan itu memang bulan yang nikmat, tapi sekaligus bulan paling bangkrut dalam satu tahun *sigh* Tapi tentunya Allah tidak akan pernah lupa buat selalu kasih kita rejeki. Iya kan?

No comments: